Info Mendaftar Sekolah S2 ke Amerika Serikat (AS) – Part 2

Baker Library at HBS

Melanjuti blog post saya yang sebelumnya, di blog post kali ini saya akan menuliskan proses-proses selanjutnya yang akan anda perlu lakukan setelah selesai dengan test-test seperti TOEFL, GRE, atau GMAT.

Tenang saja, boleh dibilang anda sudah setengah jalan dari requirement-requirement yang diperlukan untuk mendaftar ke sekolah di AS. Tetapi jangan lupa, masih ada beberapa hal yang anda perlu lakukan.

Mendaftar di Universitas-Universitas Yang Anda Tuju

Adalah sangat lumrah untuk mendaftar di lebih dari satu sekolah, karena selalu ada kemungkinan untuk ditolak, dan saya yakin anda tidak ingin anda tidak jadi sekolah karena anda ditolak dari satu-satunya sekolah yang anda daftar.

Paling tidak pilihlah tiga (3) sekolah dari daftar ranking sekolah yang anda bisa lihat di US News (baca post sebelumnya).

Cara milihnya gimana?

Ok, ada rule of thumb untuk memilih sekolah. Pertama pilih sekolah terbaik yang anda inginkan (pilihan ambisius). Harvard misalnya.

Kemudian pilihlah sekolah yang anda punya chance masuk tapi tidak terlalu pasti (moderate).

Dan untuk yang terakhir, mungkin anda sudah menebaknya, yaitu pilihlah sekolah yang anda punya kesempatan hampir 100% untuk diterima (safe).

Boleh lebih dari tiga?

Silahkan, dan mungkin akan lebih baik untuk mempertinggi kemungkinan anda untuk segera bersekolah. Contohnya, saya kemarin mendaftar di lima (5) sekolah dan diterima di dua sekolah. Satu dari kategori moderate, dan satu dari kategori safe.

Kalau begitu kenapa gak daftar ke sepuluh sekolah aja?

Hahaha! Boleh-boleh saja, tidak ada yang melarang anda mendaftar ke sepuluh (10) sekolah. Teman saya dari India melakukannya, dia mendaftar ke sepuluh sekolah.

Hanya perlu diingat, untuk tiap sekolah anda harus mengirimkan syarat-syarat lainnya seperti:
1. Nilai TOEFL
2. Nilai GRE/GMAT
3. Transkrip dan atau Diploma
4. Rekomendasi (3)
5. Statement of Purpose (Essay)

Nah, selain akan menguras waktu dan tenaga anda, tentu saja mengirimkan syarat-syarat ini memerlukan biaya yang tidak murah. Belum lagi biaya pendaftaran dari tiap-tiap sekolah yang normalnya sekitar $100 ā€“ 200.

Maka dari itu ada baiknya anda memilih sekitar 3 ā€“ 5 sekolah agar tidak mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Yang penting anda memiliki kepastian untuk bersekolah sesuai jadwal yang anda inginkan.

Beres! Saya sudah memilih paling tidak 3 sekolah, lalu apa?

Sekarang pergilah ke website dari sekolah-sekolah tersebut. Bila anda memilih sekolah-sekolah itu dari website US News, maka biasanya ada link yang diberikan untuk website dari sekolah tersebut, dan mungkin lebih spesifik lagi, departement dari jurusan yang anda inginkan.

Dari website-website ini anda akan menemukan requirement-requirement yang diperlukan dari sekolah tersebut, biasanya mereka akan meminta kelima hal yang saya sudah sebutkan di atas. Tetapi ada kemungkinan juga beberapa sekolah tertentu memiliki syarat yang lain yang anda perlu penuhi.

Baca baik-baik website sekolah-sekolah ini dan kontak mereka melalui email bila perlu bila ada hal-hal yang anda masih kurang mengerti.

Satu hal penting lainnya adalah catat tanggal deadline pendaftaran dari sekolah-sekolah ini. Bila sudah lewat maka anda tidak lagi bisa mendaftar di sekolah tersebut.

Sedikit catatan tentang semester sekolah di Amerika, ada dua semester dalam kalender sekolah, yaitu Fall dan Spring. Fall semester mulai akhir bulan Agustus atau awal September saat mulai musim gugur sampai awal Desember. Spring semester mulai pada bulan Januari sampai bulan April. Pada umumnya banyak murid baru masuk pada Fall semester dibanding pada Spring semester.

Biasanya sekolah favorit akan memiliki tanggal deadline yang lebih cepat dibanding sekolah-sekolah lainnya.

Bila anda sudah mengirimkan semua syarat-syarat di atas tepat waktu, maka yang anda bisa lakukan berikutnya adalah menunggu jawaban dari sekolah-sekolah yang anda daftar.

Berapa lama hasilnya?

Sekali lagi, tiap sekolah akan mengirimkan informasi kepada anda melalui email ataupun surat mengenai diterima atau tidaknya anda. Lama waktunya berbeda-beda untuk tiap sekolah, anda bisa baca kembali di website masing-masing sekolah.

Seperti biasa, silahkan berikan comment di bawah bila anda memiliki pertanyaan tentang proses pendaftaran sekolah-sekolah di US.

Selamat mendaftar ke sekolah yang anda inginkan dan sukses! šŸ˜€


Author: Trijito Santoso

Iā€™m Trijito Santoso, a Seventh-Day Adventist, a medical technology and computer science graduate, and a software developer. The reason why I shifted from medical technology to computer science is because I love to create things (design, software, articles, anything), and being a software developer allows me to create things everyday. I graduated from Northeastern University, Boston, with a degree Master of Science in Computer Science. My resume is available on my LinkedIn.

6 thoughts on “Info Mendaftar Sekolah S2 ke Amerika Serikat (AS) – Part 2”

  1. djit, buat ambil MS non research ini sepertinya nilai GRE sangat berpengaruh ya?…misal GRE perfect, GPA hampir perfect, TOEFL mirip2 punya kamu šŸ˜€ chance masuk pilihan pertama gede ya?

  2. halo Dik,
    Hmm.. kalau yang MS non-research justru tidak perlu GPA tinggi sekali, karena toh tidak akan melakukan riset juga.

    Tapi semakin bagus sekolahnya akan semakin banyak orang pintar yang bersaing untuk masuk, jadi otomatis nilai rata2 GRE yg apply juga semakin tinggi. Tergantung jurusan juga, kalau teknik biasanya mereka akan lihat nilai matematika GRE kita, kalau bisa di atas 750.

    GPA memang juga faktor kuat yg akan diconsider, tapi tidak kalah pentingnya juga universitas S1 kita darimana. Sekolah2 tertentu seperti MIT hanya menerima murid2 dari sekolah2 teknik top (baca: universitas negeri) di negara lain.

    Kalau TOEFL tidak terlalu masalah, biasanya di atas 90 sekolah2 sudah oke.

    Rencana ambil jurusan master apa Dik?

    1. hehehe.. kebetulan aja pas lagi check tadi! šŸ˜€
      hmm.. iya, lihat-lihat aja dulu terus ambil spesialisasi yang emang kamu tertarik. Aku bakalan ambil spesialisasi database dan software engineering, soalnya emang tertarik. šŸ˜€
      ini website CS Dept sekolahku, silahkan lihat2 siapa tahu tertarik, hehehe!
      http://www.ccs.neu.edu/graduate/degreeprograms/index.html
      Disini sih sebetulnya paling bagus di bagian programming languagesnya.

  3. hai, mau tny dong, dulu kamu s1 nya dimana?
    oh ya, aku mau daftar di salah satu business school disana, mau ambil master.
    aku liat mereka juga consider working experience nya. emang working experience itu harus ada ga si?

    thx ya

    1. @maria,
      Saya dulu S1 di Filipina, detailnya bisa baca di page “About” blog ini.
      Betul, working experience adalah salah satu hal yg diconsider saat menerima murid utk S2 disini, tetapi bukan keharusan dan tergantung sekolahnya juga.
      Untuk sekolah yg kompetitif, tentu saja mereka menginginkan murid2 yg lebih menarik dan bisa memberikan nilai tambah utk diskusi di kelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *