Info Mendaftar Sekolah S2 ke Amerika Serikat (AS) – Part 3

I-20 and Passport

I-20, Letter of Acceptance, and Passport (with Visa inside)

Selamat anda telah diterima di salah satu universitas di AS! Now what?

Memang proses pendaftaran sekolah di AS boleh dibilang cukup panjang, diperlukan waktu beberapa lama dari mulai mengambil ujian-ujian seperti TOEFL, GRE, dan GMAT sampai anda menerima jawaban dari sekolah-sekolah yang anda telah apply.

Pada kasus saya, boleh dibilang hampir 12 bulan dari saya mengambil ujian TOEFL pada bulan Agustus 2009 sampai saya menerima jawaban dari sekolah di bulan Juni 2010.

Anyway, it’s all worth it. Dan sekarang proses selanjutnya sudah menunggu, yaitu mendapatkan visa student untuk masuk ke AS.

Visa? Cara Dapetinnya Gimana?

Untuk memasuki sebuah negara, pada umumnya kita memerlukan visa yang akan dicap di paspor kita. Tanpa visa, anda tidak bisa memasuki suatu negara.

Bila anda sudah diterima oleh sebuah sekolah di Amerika, maka anda perlu menanyakan kepada mereka kapan mereka akan mengirimkan I-20 kepada anda. Sebelum anda bertanya apa itu I-20, saya akan jelaskan terlebih dahulu.

I-20 adalah sebuah surat yang menyatakan bahwa anda telah diterima di sebuah universitas di Amerika. Surat ini akan berisi nama anda, nama sekolah anda, dan biaya yang diperlukan untuk sekolah di sekolah tersebut selama satu tahun.

Biasanya perlu satu atau dua minggu lagi sampai anda mendapatkan I-20 dari sekolah. Coba tanyakan apakah ada syarat yang anda perlu lakukan untuk mendapatkan I-20 tersebut. Mungkin anda perlu mengirimkan syarat-syarat yang belum terpenuhi sebelumnya.

Apa Hubungannya I-20 Sama Visa?

Surat I-20 inilah yang akan anda gunakan untuk meminta visa student dari Embassy AS di Indonesia. Tanpa surat ini, anda tidak bisa mengisi form pendaftaran visa.

Surat ini sangat penting, jadi pastikan anda menjaganya baik-baik. Bahkan sampai anda tiba di AS nanti, surat ini pun tetap akan digunakan.

Sip, Saya Sudah Dapat I-20 Dari Sekolah Saya!

Ok, langkah berikutnya adalah anda perlu mengisi form permohonan visa AS di Indonesia. Form ini tersedia online, anda bisa mulai mengisinya disini:

https://ceac.state.gov/genniv/

Form tersebut memiliki beberapa halaman dan banyak kolom yang anda perlu isi, jadi anda memerlukan waktu yang banyak untuk melengkapinya. Tapi bila anda tidak bisa melengkapinya dalam satu kali sesi anda tetap bisa menyimpan data-data yang anda sudah isi ke sebuah file. Simpan file tersebut dan anda bisa melanjutkannya di lain waktu.

Anda juga perlu mengupload pas foto ke form tersebut. Pas foto yang diperlukan adalah pas foto yang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh AS, yaitu background putih, ukuran 2″x2″, dan aturan-aturan lainnya.

Beberapa studio foto di Jakarta biasanya mengiklankan bahwa mereka sudah piawai untuk membuat pas foto untuk keperluan visa AS. Saya sendiri membuat pas foto saya di Fuji Film Plaza Senayan lantai basement (dekat Hero). Studio-studio foto lainnya anda bisa temukan  di jalan Sabang.

Untuk informasi mengenai requirement foto, silahkan baca link berikut:

http://jakarta.usembassy.gov/niv_photo_rqmts.html

Fiuuh.. Akhirnya Selesai Isi Form Dan Upload Foto. Terus Apa Lagi?

Jangan lupa untuk mencetak confirmation sheet setelah anda selesai mengisi form permohonan visa. Jadi ada dua dokumen yang anda perlu cetak, yang pertama adalah confirmation sheet, dan yang kedua adalah form yang berisi data-data yang anda telah masukkan.

Confirmation sheet ini sangat penting karena bila anda tidak membawanya saat memohon visa nanti, anda akan disuruh pulang dan kembali bila sudah memilikinya (ini terjadi kepada orang yang mengantri di depan saya, setelah 1 jam lebih mengantri).

Setelah mencetak dokumen-dokumen yang saya sebutkan di atas, maka anda siap untuk pergi ke Embassy. Mulai bulan Juli 2010, Embassy AS di Jakarta memiliki Student Visa Program (SVP) yang adalah berita sangat baik bagi murid-murid yang akan bersekolah di AS. Jadi anda tidak perlu membuat schedule terlebih dahulu seperti proses permohonan visa turis. Anda cukup datang hari Senin, pukul 07.00 – 09.00 ke Embassy AS di Jakarta (saya kurang tahu untuk kebijakan Konsuler AS di Surabaya).

Sedikit tips, ada baiknya anda datang pukul 06.00 atau kurang ke Embassy. Karena mulai pukul tersebut, anda boleh percaya atau tidak, sudah ada orang yang mengantri di Embassy AS.

Hmm.. Ada Tips Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Yang jelas anda harus membawa dokumen-dokumen berikut:
1. Paspor
2. I-20
3. Sevis Fee Receipt
4. Confirmation Sheet
5. Duit ($140)

Sevis Fee Receipt? Apaan Tuch?

Oh iya, satu lagi biaya yang anda perlu keluarkan (banyak ya..?) sebelum anda datang ke embassy adalah membayar Sevis Fee. Sevis Fee ini semacam proses registrasi anda sebagai murid internasional di Departement of Home Security AS. Anda perlu membayar $200 terlebih dahulu melalui internet dan mencetak kuitansinya untuk dibawa saat memohon visa.

Bagaimana dengan surat Bank?

Apabila anda bisa membawanya, tidak ada salahnya anda membawa surat Bank yang menyatakan anda memiliki sumber dana untuk sekolah di AS. Pada saat saya interview, saya tidak ditanya sama sekali tentang surat Bank, tapi saya dengar orang lain yang diintervew ada yang ditanyakan. Jadi mungkin lebih baik anda membawa surat bank untuk berjaga-jaga.

Seperti Apa Interviewnya Nanti?

Persiapkan diri anda untuk visa interview. Biasanya anda akan ditanya pertanyaan-pertanyaan mudah seperti kenapa anda ingin sekolah di AS? Jurusan apa yang anda ambil? Apa pekerjaan anda sekarang? Siapa yang akan membiayai sekolah anda?

Jangan gugup, persiapkan diri anda sebaik-baiknya berbicara bahasa Inggris karena anda akan diinterview oleh orang Amerika, bukan orang Indonesia.

Setelah interview maka anda akan mendapatkan kertas kecil yang berisi tanggal kapan anda bisa mengambil paspor anda beserta visa studentnya.

Doakan Saya Kawan!

Tenang saja, bila anda sudah mendapatkan I-20, anda sudah memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan visa student, walaupun tidak pasti 100%. Selamat mengapply visa teman dan God bless!

*Untuk informasi-informasi tambahan, ada baiknya anda membaca-baca terlebih dahulu tulisan-tulisan yang ada di website Embassy AS di Indonesia:

US Embassy Jakarta
http://jakarta.usembassy.gov/index.html

US Consulate Surabaya
http://surabaya.usconsulate.gov/


Author: Trijito Santoso

I’m Trijito Santoso, a Seventh-Day Adventist, a medical technology and computer science graduate, and a software developer. The reason why I shifted from medical technology to computer science is because I love to create things (design, software, articles, anything), and being a software developer allows me to create things everyday. I graduated from Northeastern University, Boston, with a degree Master of Science in Computer Science. My resume is available on my LinkedIn.

2 thoughts on “Info Mendaftar Sekolah S2 ke Amerika Serikat (AS) – Part 3”

  1. saya msh kurang mengerti tentang I-20, maksudnya “mendapatkan I-20 dari Sekolah saya” itu apa ? maksudku dari Sekolah universitas di AS, atau Sekolah SMA ?

    1. @Dilean, I-20 adalah surat yg menyatakan bahwa kita sudah diterima (accepted) oleh sebuah sekolah di AS, dan salah satu surat penting sampai selama berkuliah di AS. Surat ini akan diperlukan utk mengapply visa nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *