Hosting Providers Review

Server by BlaM4c @ flickr.com

Note: This post is in Bahasa Indonesia because it is targetted to those who seek hosting provider in Indonesia.

Mencari hosting memang bukan urusan yg susah, ada banyak sekali penyedia hosting sekarang ini. Iklan-iklan di internet penuh dengan tawaran-tawaran yg menyatakan bahwa hosting merekalah yang termurah.

Ya, memang hosting sekarang ini boleh dibilang sangat amat murah bila kita bisa menemukannya. Tapi apakah perbedaan hosting mahal dan hosting murah hanya terdapat di harganya? Atau adakah perbedaan lainnya?

Review ini ditulis berdasarkan pengalaman saya yg telah menggunakan tiga hosting provider yg berbeda sejak saya mulai blogging pada tahun 2006. Masing-masing hosting provider memiliki keunggulan dan kekurangan, dan tambahan informasi diperlukan untuk mendapatkan hosting yg kita perlukan sesuai kebutuhan kita.

1. Andalan.net

link: www.andalan.net

Ini adalah hosting provider pertama yg saya gunakan saat memulai blogging. Paket hosting yg saya beli pada saat itu adalah paket Starter Plan dengan harga Rp 5,000/bulan (sekarang juga harganya masih sama.. :D).

Dengan free space 10 MB dan bandwidth 500MB/bulan, paket ini sudah sangat cukup untuk saya yg masih betul-betul baru dalam blogging (waktu itu ada 5 visitor yg datang saja sudah senang sekali..).

Tapi dengan bertambahnya post-post dalam blog saya, keperluan atas free space yg lebih besar mulai terasa dan akhirnya saya memutuskan untuk mencari hosting provider yg lain bila ada yg lebih murah.

Andalan.net memiliki response support yg sangat baik dan bisa menyelesaikan masalah dengan cukup cepat.

Andalan memiliki web server di Indonesia dan juga di USA, jadi bisa disesuaikan untuk target pengunjung website yang kita miliki.

2. Pasarweb.com

link: www.pasarweb.com

Saya mengetahui pasarweb.com karena saya berkenalan secara langsung dengan pemiliknya dari teman saya. Paket yg diberikan luar biasa murah dan sangat sulit untuk tidak memindahkan blog saya yg sudah mulai kehabisan free space ke pasarweb.

Bayangkan saja, paket termurahnya seharga Rp 2,000/bulan memberikan 50 MB space dan 1 GB bandwidth/bulan. Wow! Dengan harga kurang dari separuh hargai paket saya di andalan saya bisa mendapatkan space lima kali lipat.

Jadi saya menggunakan pasarweb sebagai tempat hosting blog saya selama lebih dari 1 tahun sampai pada suatu saat saya menemukan solusi yg lebih baik lagi, free hosting.

Server pasarweb berada di Jerman, dan menurut saya adalah lokasi yg paling efisien bila kita menginginkan koneksi yg cukup cepat dari Indonesia maupun Amerika.

3. 000webhost.com

link: www.000webhost.com

Hosting provider yg memberikan servicenya dengan cuma-cuma? Apa ada?

Jawabnya: ada banyaaaak… Hanya saja tidak semuanya sama bagusnya dan nyamannya.
Kebanyakan penyedia free hosting mengharuskan pelanggannya untuk melewati syarat-syarat tertentu seperti jumlah pengunjung web, pemasangan iklan, dan lain-lain.

000webhost adalah penyedia free hosting terbaik yang saya tahu. Tidak ada syarat-syarat yg merepotkan dan memiliki cPanel yg sangat diperlukan oleh saya.

Berapakah free space yg disediakan? 1,500 MB! Sebuah angka yg sangat menakjubkan untuk penyedia web hosting gratis.

Sudah satu tahun dari saat saya memindahkan hosting blog saya ke 000webhost dan ‘baru’ sekali terjadi downtime, itupun tidak lama ‘hanya’ beberapa jam. Mengingat saya tidak membayar apa-apa, rasanya downtime itu bisa ditoleransi.

Saya tidak tahu dimana 000webhost menaruh servernya, tidak secepat pasarweb tapi juga tidak lambat seperti bila server tersebut berada di Amerika.

Kesimpulan

Apakah harga yg dibayar untuk web hosting menentukan kualitas web hosting tersebut?
Jawabannya adalah iya.

Menurut saya harga yg kita bayar bisa menentukan support yg kita terima bila kita mengalami masalah dengan hosting kita.

Dari ketiga web hosting yang saya sebutkan di atas, andalan memiliki support terbaik berdasarkan pengalaman saya. Pantaslah bila andalan meminta harga lebih.

Bagaimana dengan free web hosting seperti 000webhost?

Karena tidak ada uang sedikitpun yang saya bayarkan, saya rasa saya perlu sering-sering membackup data saya dan database yg saya miliki. Ini hanya untuk jaga-jaga saja apabila tiba-tiba terjadi masalah dengan 000webhost ataupun bila mereka tiba-tiba memberhentikan layanan free web hosting mereka.

Posisi server adalah salah satu faktor penting yang saya perhitungkan saat memilih web hosting provider karena alasan kecepatan koneksi.

Sekianlah hosting providers review berdasarkan pengalaman saya dengan tiga penyedia layanan ini, semoga bisa membantu dan silahkan isi comment bila ada pertanyaan. 😀

Extra tag: free web hosting, cheap web hosting, web hosting gratis, web hosting murah


Author: Trijito Santoso

I’m Trijito Santoso, a Seventh-Day Adventist, a medical technology graduate, and a software developer. The reason why I shifted from medical technology to computer science is because I love to create things (design, software, articles, anything), and being a software developer allows me to create things everyday. I’m currently studying Master of Science in Computer Science at Northeastern University, Boston. My Google Profile+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *